Tahapan Perkembangan Kognitif Anak Menurut Piaget

2
4701

b. Periode praoperasional (usia 2–7 tahun)

Periode pra-operasional ditandai dengan perkembangan kemampuan kognitif pada anak yang mulai menggunakan simbol. Bahasa dan gambar keduanya adalah simbol yang umum digunakan dalam fase ini. Bahasa mulai digunakan sebagai penanda dalam interaksi sosial. Tanda-tanda lain, seperti gambar, digunakan untuk menjelaskan konsep tertentu. Penggunaan bahasa dan simbol menunjukkan adanya perkembangan pola dan model berpikir secara simbol.

Upaya anak untuk menirukan sesuatu yang berkembang dan ada disekitarnya menunjukkan pula adanya perkembangan model berpikir intuitif pada anak. Model berpikir ini ditunjukkan dengan peniruan oleh anak yang berlangsung secara serta merta tanpa proses penalaran terlebih dahulu. Pemikiran intuitif adalah proses pencerapan atau pemahaman tertentu tentang fenomena yang terjadi tanpa melalui skema panalaran [1. Paul Suparno. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. 2002. Yogyakarta: Kanisius]. Proses penggunaan simbol perlu dipacu dengan memperbanyak interaksi anak dalam penggunaan bahasa. Kembali ke konsep konstruktivisme kognitif, tanpa dukungan yang mencukupi anak akan berkembang lebih lamban dibandingkan dengan anak seusia yang berinteraksi dan dilatih lebih intensif. 

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Teori perkembangan kognitif anak diperkenalkan oleh Jean Piaget (1890-1980). Piaget menjadi salah satu sumber referensi utama dalam diskursus teori-teori psikologi perkembangan. Sumbangsih terbesarnya terletak pada eksplorasi konsep kecerdasan dan perkembangannya pada manusia sebagai mahluk yang berkembang secara dinamis. Piaget memberikan penjelasan mendasar tentang kemampuan manusia untuk menalara, memahami dan membangun pemahaman menyeluruh tentang pelbagai fenomena faktual.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here