Inilah Daftar Aplikasi untuk Memantau dan Melindungi Aktivitas Internet Anak

2
4632

2. DNS Angel

Aplikasi ini cukup sederhana untuk digunakan di komputer Anda. Meski demikian, aplikasi ini sudah cukup memadai untuk digunakan dalam pembatasan akses atas situs tertentu di internet. Aplikasi ini akan mengirimkan data ke server Metacert DNS yang akan membantu memblokir situs-situs tertentu yang telah masuk ke dalam kategori terbatas bagi anak. Aplikasi ini tidak akan menggangu situs lain yang tidak berisi konten bertema khusus yang dibatasi.

3. KuruPira Webfilter

Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Tidak sebatas memiliki kemampuan memblokir situs, software ini berkemampuan untuk membatasi akses atas aplikasi yang telah terinstall dalam komputer. Pembatasan untuk melakukan instalasi juga dapat dilakukan melalui software ini. Fungsi ini tentu membantu orangtua untuk menghindari upaya anak menginstall aplikasi yang mengandung konten negatif atau membuat setelah lain guna mendapatkan jalan mengakses konten negatif tertentu. Fitur lain yang ditwarkan dalam aplikasi ini adalah kemampuan untuk secara berkala memotret atau merekam aktivitas pada layar komputer. Dengan demikian, orangtua akan dapat secara berkala mengawasi riwayat penelusuran yang dilakukan oleh anak di internet.

4. Bitdefender Parental Control Free

Aplikasi ini merupakan salah satu pilihan yang dapat memudahkan orangtua mengawasi dan membatasi penggunaan internet oleh anak. Aplikasi ini menyajikan beberapa fitur seperti pemblokiran akses. Jika itu dirasa tidak efektif, aplikasi ini memiliki kemampuan lain yang dapat membantu orangtua secara berkala mengetahui riwayat penggunaan komputer dan internet. Aplikasi ini terfokus pada pengawasan akses internet. Karena itu, fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah kemampuan untuk menelusuri riwayat pengguaan internet. Orangtua dapat menemukan daftar website yang dikunjungi, aplikasi atau software yang dijalankan, termasuk riwayat percakapan melalui mesin perpesanan online, seperti Yahoo Messenger dan MSN).

5. Norton Family

Aplikasi buatan Norton ini cukup handal untuk digunakan dalam pemblokiran. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membatasi akses anak untuk komputer hingga situs tertentu. orangtua dapat secara sengaja menyetel agar komputer hanya dapat digunakan oleh anak pada waktu tertentu. Dengan demikian, orangtua dapat membangun komunikasi dan kesempahaman dengan anak terkait dengan waktu penggunaan komputer. Di lain sisi, aplikasi ini dirasa cukup handal untuk memblokir situs tertentu secara kategoris. Ragam kategori yang disediakan oleh fasilitas ini pun cukup beragam sehingga lebih memudahkan dalam proses pengawasan penggunaan internet pada anak.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi (TIK) memberikan beberapa tantangan tersendiri bagi orangtua dalam pendidikan dan pengasuhan anak. Orangtua kini dituntut untuk lebih kreatif masuk dalam perkembangan teknologi agar dapat mengawasi dan menjadi "teman" dalam proses penggunaan teknologi tersebut oleh anak. Survei yang dilakukan oleh AVG Inggris tentang penggunaan internet pada anak menunjukkan angka yang mengejutkan. Penggunaan sosial media telah dilakukan oleh anak pada usia 6 tahun . Anak usia 6 tahun bahkan ditemukan telah menghabiskan waktu selama 4 jam perminggu untuk mengakses media sosial. Sebesar 47% dari jumlah anak yang disurvei tersebut membangun komunikasi dengan menggunakan sosial media online. Cyber Bullying juga terjadi pada 20 persen anak pada usia tersebut. Penelitian tersebut kiranya menggambarkan situasi pemanfaatan internet di Inggiris. Meski demikian, terttutup pula kemungkinan terjadi di Indonesia sebagai salah satu negara dengan pengkases  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here