Tips Menjaga Imunitas Tubuh Agar Terhindar dari Virus

0
968
menjaga imunitas tubuh
Gambar ilustrasi pixabay.com.

Daya tahan tubuh yang lemah membuat seseorang rentan terinfeksi virus. Infeksi virus terhadap manusia bisa mengakibatkan efek yang kecil, atau bahkan tidak memiliki efek sama sekali. Namun infeksi virus juga dapat mengakibatkan kerusakan atau kematian sel hidup di dalam tubuh manusia yang menjadi inangnya. Pada sejumlah kasus, penyakit yang disebabkan oleh virus bisa mengakibatkan kematian pada manusia.

Beberapa penyakit pada manusia yang disebabkan oleh virus adalah seperti: influenza yang disebabkan oleh satu atau beberapa virus sekaligus; AIDS yang disebabkan oleh virus HIV; herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks; kanker leher rahim yang disebabkan oleh papiloma virus; penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19) yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2; dan beragam jenis penyakit lainnya.

Beberapa langkah preventif bisa kita lakukan untuk mencegah penularan penyakit yang disebabkan oleh virus. Pada kasus penularan COVID-19 yang saat ini menjadi pandemi misalnya, kita bisa melakukan pencegahan seperti: menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing) ; rajin mencuci tangan menggunakan sabun; menggunakan masker jika harus bertemu dengan orang lain; dan tentu saja menjaga imunitas tubuh.

Baca: [ Sejarah Penemuan Virus di Dunia ]

Imun tubuh yang baik akan membuat seseorang terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus. Berikut tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga imunitas tubuh.

Mengonsumsi Sayur dan Buah

Kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalam sayur dan buah, sangat baik untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Usahakan untuk mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan serat, beta karoten, antioksidan, vitamin A, C dan E sebagai nutrisi yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.

Sebagai contohnya, Anda bisa mengonsumsi sayur seperti brokoli dan bayam. Sementara untuk buahnya, Anda bisa mengonsumsi jeruk, lemon, kiwi, jambu, dan pepaya. Mengonsumsi bawang putih, kunyit, atau jenis empon-empon lainnya juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Konsumsi Gizi Seimbang

Selain mengonsumsi sayur dan buah, Anda juga perlu memerhatikan konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Sesuaikan susunan pangan sehari-hari dengan menyesuaikan kebutuhan tubuh. Cara terbaiknya adalah dengan keanekaragaman jenis pangan yang kita konsumsi. Beraneka ragam bukan berarti mengonsumsi dalam jumlah yang banyak ya. Perhatikan porsinya sesuai dengan kebutuhan.

Tidur yang Cukup dan Berkualitas

Orang dewasa membutuhkan waktu tidur 7-9 jam setiap hari. Tidur yang cukup dan berkualitas dapat meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh terhadap ancaman penyakit. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan memproduksi Sel T yang berperan penting dalam sistem imun terhadap virus. Sel T inilah yang akan menyerang dan menghancurkan sel pembawa virus.

Jika Anda ingin terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh virus, tidur yang cukup dan berkualitas menjadi kuncinya. Jadi jangan begadang ya.

Rutin Berolahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Gerak badan seperti yang dilakukan dalam aktivitas berenang, lari, bersepeda, atau lainnya, dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Olahraga tidak harus selalu dilakukan di luar rumah. Anda juga bisa melakukan olahraga di dalam rumah dengan memanfaatkan ruangan yang tersedia. Olahraga juga tidak harus melakukan aktivitas yang berat, yang terpenting adalah gerak badan yang menyehatkan tubuh.

Hindari Stres

Masalah pekerjaan atau rumah tangga bisa menjadi pemicu gangguan atau kekacauan mental dan emosional (stres). Stres bisa memicu melemahnya sistem kekebalan tubuh yang menjadikan Anda rentan terinfeksi virus. Jika hal ini terjadi, Anda harus bisa mengelolanya dengan baik. Cobalah meluangkan sedikit waktu untuk melakukan aktivitas hobi yang Anda sukai.

Sumber rujukan:

Kasus Meningkat, Ini 8 Cara Perkuat Sistem Imun Tangkal Virus Corona, Halodoc, diakses pada 3 April 2020.

Simak video pilihan kami:

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here