Vermikompos: Pupuk dengan Kandungan Unsur Hara Kompleks

0
352
membuat vermikompos
Foto koleksi Ensiklo.com.

Pembuatan kompos dari bahan-bahan organik bisa dilakukan dengan beragam metode, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan cacing tanah atau yang lebih dikenal dengan vermikompos. Pembuatan vermikompos menghasilkan produk berupa kompos yang memiliki kandungan unsur hara kompleks dan memiliki manfaat yang beragam bagi tanaman.

Sebagai salah satu agen hayati yang cukup penting berada di dalam tanah, cacing membantu proses perombakan bahan-bahan organik yang tersedia di dalam tanah. Proses perombakan bahan-bahan organik tersebut bisa diaplikasikan pada lingkup yang terbatas dengan ketersediaan bahan organik yang lebih banyak, sehingga hasil yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Produk vermikompos atau kompos dari cacing berasal dari campuran kotoran cacing tanah dengan sisa media atau pakan yang digunakan dalam budi daya cacing tanah. Media atau pakan yang digunakan bisa berasal dari beragam bahan organik seperti: kotoran ternak (sapi, kerbau, kambing, domba, ayam, kuda, dan isi rumen); sampah organik dari sisa sayur atau buah; jerami padi; atau bahan-bahan organik lainnya.

Vermikompos memiliki beragam keunggulan seperti berikut:

  • vermikompos mengandung beragam unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman seperti: N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, Mn, Al, Na, Cu, Zn, Bo dan Mo, kandungan unsur hara ini bergantung pada bahan media atau pakan yang digunakan;
  • vermikompos mampu memperbaiki daya serap dan daya simpan media tanam terhadap air, sehingga mampu menjaga kelembapan tanah dengan menahan air 40-60 persen di dalam tanah;
  • vermikompos mampu memperbaiki struktur tanah dan menetralkan pH tanah;
  • vermikompos menjadi sumber nutrisi bagi mikroba tanah yang membantu meningkatkan kesuburan tanaman;
  • vermikompos menyediakan unsur hara terlarut yang dibutuhkan oleh tanaman.

Vermikompos bisa dibuat sendiri dengan konsep pengembangan yang sederhana dan bisa dilakukan dalam skala rumahan. Pada prinsipnya pembuatan vermikompos adalah dengan menciptakan ruang hidup baru bagi cacing tanah, sehingga cacing bisa hidup dengan baik dan berkembang biak.

Penjelasan tentang proses pembuatan vermikompos silakan simak video kami berikut:

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here